Mehta (1994: 66) mendefinisikan minat beli sebagai kecenderungan konsumen untuk membeli suatu merek atau mengambil tindakan yangberhubungan dengan pembelian yang diukur dengan tingkat kemungkinan konsumen melakukan pembelian.
minat beli menurut Kinnear dan Taylor (1995) (Thamrin, 2003: 142) adalah merupakan bagian dari komponen perilaku konsumen dalam sikap mengkonsumsi, kecenderungan responden untuk bertindak sebelum keputusan membeli benar-benar dilaksanakan.
menurut Howard (1994) ( Durianto dan Liana, 2004:44) adalah minat beli merupakan sesuatu yang berhubungan dengan rencana konsumen untuk membeli produk tertentu serta berapa banyak unit produk yang dibutuhkan pada periode tertentu.
Schiffman dan Kanuk (2004:25), menjelaskan bahwa pengaruh eksternal, kesadaran akan kebutuhan, pengenalan produk dan evaluasi alternatif adalah hal yang dapat menimbulkan minat beli konsumen. Pengaruh eksternal ini terdiri dari usaha pemasaran dan faktor sosial budaya
menurut Simamora (2002:131) minat adalah sesuatu yang pribadi dan berhubungan dengan sikap, individu yang berminat terhadap suatu obyek akan mempunyai kekuatan atau dorongan untuk melakukan serangkaian tingkah laku untuk mendekati atau mendapatkan objek tersebut.
Menurut Kotler, Bowen dan Makens (1999:156) mengenai minat beli : minat beli timbul setelah adanya proses evaluasi alternatif dan di dalam proses evaluasi, seseorang akan membuat suatu rangkaian pilihan mengenai produk yang hendak dibeli atas dasar merek maupun minat.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen
Swastha dan Irawan (2001) mengemukakan faktor-faktor yang mempengaruhi minat membeli berhubungan dengan perasaan dan emosi, bila seseorang merasa senang dan puas dalam membeli barang atau jasa maka hal itu akan memperkuat minat membeli, ketidakpuasan biasanya menghilangkan minat.
Super dan Crites (Lidyawatie, 1998) menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat, yaitu :
a. Perbedaan pekerjaan, artinya dengan adanya perbedaan pekerjaan seseorang dapat diperkirakan minat terhadap tingkat pekerjaan yang ingin dicapainya, aktivitas yang dilakukan, penggunaan waktu senggangnya, dan lain-lain.
b. Perbedaan sosial ekonomi, artinya seseorang yang mempunyai sosial ekonomi tinggi akan lebih mudah mencapai apa yang diinginkannya daripada yang mempunyai sosial ekonomi rendah.
c. Perbedaan hobi atau kegemaran, artinya bagaimana seseorang menggunakan waktu senggangnya.
d. Perbedaan jenis kelamin, artinya minat wanita akan berbeda dengan minat pria, misalnya dalam pola belanja.
e. Perbedaan usia, artinya usia anak-anak, remaja, dewasa dan orangtua akan berbeda minatnya terhadap suatu barang, aktivitas benda dan seseorang.
Sedangkan menurut Kotler, Bowen, dan Makens (1999) terdapat dua faktor yang mempengaruhi minat beli seseorang dalam proses pengambilan keputusan pembelian, yaitu situasi tidak terduga (Unexpected situation) dan sikap terhadap orang lain (Respect to Others)
Indikator Minat Beli
Menurut Ferdinand (2002, p. 129),
minat beli dapat diidentifikasi melalui indikator-indikator sebagai berikut:
a. Minat transaksional, yaitu
kecenderungan seseorang untuk membeli produk.
b. Minat refrensial, yaitu
kecenderungan seseorang untuk mereferensikan produk kepada orang lain.
c. Minat preferensial, yaitu minat
yang menggambarkan perilaku seseorang yang memiliki prefrensi utama pada produk
tersebut. Preferensi ini hanya dapat diganti jika terjadi sesuatu dengan produk
prefrensinya.
d. Minta eksploratif, minan ini
menggambarkan perilaku seseorang yang selalu mencari informasi mengenai produk
yang diminatinya dan mencari informasi untuk mendukung sifat-sifat positif dari
produk tersebut.
thanks banget buat informasinya
BalasHapusThanks banget yah: )
BalasHapusniat sama minat apa bedanya?
BalasHapusMeskipun berapa harga produk.. Tapi kalau sudah Niat pasti membeli.. Minat belum pasti membeli.. Karena masih ingin mengambil keputusan dalam pertimbangan untuk membeli..
Hapusbuku ferdinand nya ada yang punya ga?
BalasHapuskalau cara dapetin bukunya gimana ya??
BalasHapusKalau Definisi Minat Beli Menurut Ferdinand ada nggak? Kok langsung Indikator aja menurutnya.. Apa ada indikator dari minat beli menurut kotler?
BalasHapusapakah sama antara preferensi dengan minat?
BalasHapusMau tanya keputusan pembelian dan minat beli sama atau gk ?
BalasHapusMau tanya keputusan pembelian dan minat beli sama atau gk ?
BalasHapusMau tanya keputusan pembelian dan minat beli sama atau gk ?
BalasHapusMau tanya keputusan pembelian dan minat beli sama atau gk ?
BalasHapusBeda gan minat baru rasa ingin kalo keputusan pembelian sudah memutuskan untuk membeli barang tersebut
HapusBoleh tau judul bukunya?
BalasHapusini bukunya pengarang dan judulnya apa ya?? lg butuh
BalasHapusMau tau untuk indikator minT beli di ambil dr referensi mna y?
BalasHapusmau tanya minta beli dan keputusan pembelian sama atau tidak?
BalasHapusbantu jawab ya, minat beli sama keputusan pembelian itu beda, keputsan pembelian itu tingkatan akhir dari minat beli, proses akhir nya minat beli adalah keputusan untuk membeli :)
HapusAssalamualaikum ...
BalasHapusUnk indikator minat beli, mohon info rujukan bukunya.
Trimksh
Yaa kalau ada info rujukan buku nya dong.. penerbit dan tahun terbitan nya
BalasHapusperbedaan antara minat beli dengan intensitas pembelian itu apa ya? dan cara membedakan kalau "purchase intention" dalam suatu jurnal, itu masuk minat beli atau intensitas pembelian itu gimana cara membedakannya ya?
BalasHapusyang tau/ yang pernah baca pengertian minat beli menurut ferdinand tahun 2013 tolong kasih tau ya. sama pengertian daya tarik iklan yang terbaru tahunnya dari 2010-2017 makasihhh
BalasHapus” In formal writing, however, you should spell the percentage out like “12 percent of the players” (or “twelve percent of the players,” depending on your preference as explained in point three). https://imgur.com/a/cVPoUUj https://imgur.com/a/KfJt8Se https://imgur.com/a/qy0dPGN https://imgur.com/a/3ATx0PS https://imgur.com/a/Ulmz1sJ https://imgur.com/a/8ucQxZR https://imgur.com/a/OL3wHDa
BalasHapusmas boleh nanya ngk, apa beda minat beli, dengan niat beli
BalasHapusapakah sama antara niat beli dan keputusan pembelian?
BalasHapus